/Air Sumber Kehidupan I

Air Sumber Kehidupan I

AIR SUMBER KEHIDUPAN I

Allah SWT Pencipta alam semesta beserta isinya telah menurunkan hujan dari langit, yang dengan air hujan itu Ia menyuburkan tanah yang tandus dan gersang menjadi tanah yang subur. Dengan air hujan itu, Ia menumbuhkan tanam-tanaman yang menjadi makanan manusiadan binatang. Dengan air hujan itu, Ia menumbuhkan tanam-tanaman yang menghasilkan buah-buahan yang beraneka ragam. Karena itulah, kita semua wajib bersyukur kepada-Nya, agar kita tidak tergolong  orang yang tidak memperhatikan ciptaan-Nya sebagaimana firman-Nya :

اَوَلَمْ يَرَوْا اَنَّا نَسُوْقُ الْمَآءَ اِلَى اْلاَرْضِ الْجُرُزِ فَنُخْرِجُ بِهِ زَرْعًا تَأْكُلُ مِنْهُ اَنْعَامُهُمْ وَاَنْفُسُهُمْ اَفَلاَ يُبْصِرُوْنَ (السجدة:27)

“ Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwasanya kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanam-tanaman yang daripadanya (dapat) makan binatang-binatang ternak mereka dan mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan?” (As Sajadah:27)

Air adalah kekayaan alam yang dikaruniakan Allah SWT sebagai hajat semua makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Bahkan mesin mobil, mesin-mesin di pabrik dan lain sebagainya memerlukan air. Pendeknya, kehidupan di alam ini sangat berkepentingan kepada air. Itulah sebagai isyarat kepada kita mengapa Allah menciptakan ala mini, yang justru dua pertiganya adalah laut yang menjadi sumber dan penampungan air.

Tanpa air manusia akan kehausan yang mengakibatkan kekurangan zat air  pada  badannya, dan bila terus berlanjut akan mengakibatkan kematian. Tanpa air, hewanpun akan kehausan dan akhirnya mati. Tanpa air, tanah akan menjadi tandus dan gersang. Tumbuh-tumbuhan akan layu, kering dan mati. Al-Qur’an mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan, dan dari air segala makhluk hidup dijadikan.

 وَجَعَلْنَا مِنَ اْلمَآءِ كُلَّ شَىءٍ حَيٍّ (الأنبياء:30)

“……..dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup…….”(Al Anbiya:30)

Oleh HAYATAN THAYYIBAH