/Azab Kubur Karena Kotoran
adzab-karena-kotoran-lplhsda

Azab Kubur Karena Kotoran

Dalam Hadits riwayat Jama’ah dari Ibnu Abbas dikisahkan bahwa suatu saat Nabi Muhammad SAW lewat pada dua buah kubur, lalu beliau bersabda: “Kedua mereka sedang disiksa….karena tidak mau bersuci dari buang airnya…

Hadits tersebut mengisyaratkan betapa pentingnya memelihara kebersihan orang perorang dan kebersihan lingkungan. Pada hadits tersebut Rasulullah SAW mengingatkan bahwa orang yang tidak mau bersuci atau tidak membersihkan kotoran karena kencing akan mendapat azab kubur. Sedangkan pada hadits lain Rasulullah mengingatkan bahwa orang yang buang air di jalanan atau di tempat umum di mana manusia berteduh dan berkumpul akan mendapat laknat atau kutukan dari Allah SWT.

Dari hadits tersebut kita mendapatkan pelajaran bahwa ternyata masalah kebersihan bukan hanya masalah duniawi, tetapi juga menyangkut masalah ukhrawi. Oleh karena itu, sebagai muslim yang tentunya ingin terhindar dari azab kubur dan laknat Allah, maka kita berkewajiban untuk memelihara kebersihan diri kita masing-masing dan memelihara kebersihan lingkungan dimana kita berada.

selengkapnya dapat dilihat disini