/Buku Materi Pelatihan Dai Sanitasi

Buku Materi Pelatihan Dai Sanitasi

Modul pelatihan ini berisi tentang modul ringkas guna memperkenalkan serta mempersiapkan para dai guna menjadi agen perubahan (agent of change) dari perilaku masyarakat di sekitar masjid dan pesantren tempat dai beraktivitas untuk dapat secara mandiri menyediakan sarana air dan sanitasi bagi masyarakat. Air dan sanitasi bukan sekadar sebagai kebutuhan pokok kehidupan, melainkan juga menjadikannya sebagai sarana yang sangat menentukan bagi kesempurnaan iman seseorang (ath thuhuru syathrul iman) dan kesahan sejumlah aktivitas ibadah yang mengharuskan pelakunya suci dari segala hadas dan najis (thaharah).

Modul pelatihan ini juga merupakan penerapan dari Fatwa MUI no. 001/MUNASIX/MUI/2015 Tentang Pendayagunaan Harta Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf Untuk Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Bagi Masyarakat. Penerapan fatwa ini dilakukan berkat kerjasama dengan UNICEF dan diperkuat dengan adanya nota kesepahaman antara Bappenas, MUI, Baznas dan BWI.

Pedoman ini diharapkan dapat mengerakkan masjid, pondok pesantren dan masyarakat agar sadar dan peduli dengan kebersihan diri dan lingkungan. Semua ini merupakan refleksi keimanan seorang muslim dalam menjalankan Ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Buku Materi Pelatihan Da’i Sanitasi bisa di unduh DISINI