/Gerakan Nasional Pemuliaan Lingkungan Hidup Berbasis Masjid

Gerakan Nasional Pemuliaan Lingkungan Hidup Berbasis Masjid

Gerakan Nasional Pemuliaan Lingkungan Hidup Berbasis Masjid

Dr. Ir. H. Hayu S. Prabowo

 

  1. LATAR BELAKANG

Masjid memerlukan kesinambungan sumber daya air yang suci dan menyucikan sebagai salah satu syarat syahnya ibadah, serta sanitasi yang baik guna menjaga kesucian dan kesehatan masjid. Maka masjid perlu berperan aktif untuk meningkatkan kesadaran umat muslim sebagai potensi terbesar bangsa dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna kelangsungan kehidupan seluruh makhluk di bumi.

Peran masjid ini sangat penting karena pandangan dari mayoritas pakar lingkungan hidup bahwa tindakan praktis dan teknis perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam dengan bantuan sains dan teknologi ternyata bukan solusi yang tepat, yang dibutuhkan adalah perubahan perilaku dan gaya hidup yang beretika. Sesuai dengan fungsi keberadaannya, masjid perlu turut melestarikan lingkungan melalui dakwah secara lisan maupun melakukan aksi nyata berdasarkan semangat keislaman:

Orang Mukmin itu bagaikan lebah, jika ia makan sesuatu ia makan yang baik, jika ia mengeluarkan sesuatu ia keluarkan yang baik. Dan jika ia hinggap di ranting yang sudah lapukpun, ranting itu tidak dirusaknya.” (HR. Tirmizi)

 

  1. TUJUAN DAN SASARAN

Melalui sekitar 850.000 masjid yang tersebar diseluruh Indonesia, tujuan dan sasaran ecoMasjid di arahkan pada memakmurkan masjid melalui pembangunan kapasitas (capacity building) dan penguatan kelembagaan (institutional strengthening). Sehingga masjid dapat mendorong dan membentuk umat serta meningkatkan peran masyarakat dalam pemuliaan lingkungan hidup yang tercermin dalam tindakan dan perilaku kehidupan umat muslim sehari-hari dalam melaksanakan ibadah dan muamalah yang ramah lingkungan melalui:

  1. Peningkatan sarana dan prasarana masjid dalam kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim:
    1. Penghijauan dengan melibatkan jamaah dan masyarakat se
    2. Pengelolaan sumber daya air (Konservasi, Pemanfaatan dan Pengendalian).
      • Penghematan air (perbaikan fasilitas, kampanye, dll)
      • Daur ulang air
      • Memanen dan mengelola air hujan
        • Penampungan air hujan dari talang
        • Peningkatan resapan air kedalam tanah (biopori, sumur resapan, pengaturan lanskap, dll)
  1. Peningkatan fasilitas masjid pada aspek kebersihan dan kesehatan lingkungan.
  2. Pengelolaan sampah padat dan cair melalui teknologi yang tepat guna;
  3. Menurunkan penggunaan energi serta menggunakan energi terbarukan;
  1. Pengembangan dan penyebaran materi dakwah bertema pemuliaan lingkungan hidup, kesehatan dan sanitasi;
  2. Peningkataan kegiatan berbasis komunitas melalui pemberdayaan masyarakat serta melibatkan peranserta seluruh pemangku kepentingan.