/LPLH & SDA MUI Salurkan Dana Zakat Bangun Sanitasi Warga

LPLH & SDA MUI Salurkan Dana Zakat Bangun Sanitasi Warga

Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH-SDA) MUI menjalin kerjasama dengan koperasi syariah benteng mikro Indonesia (BMI) menyelenggarakan program sanitasi bersih bagi warga Cikupa, Kabupaten Tangerang. Pendanaan bagi sanitasi itu berasal dari dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ziswaf).

Ketua LPLH-SDA Dr. Hayu Prabowo, M.Hum mengingatkan pentingnya kebersihan yang merupakan sebagian dari iman. Sehingga ia pun menginisiasi program pemberian akses sanitasi yang baik bagi masyarakat. Sebagai pilot project sebelum meluaskan program berskala nasional, MUI menyasar warga di Desa Peusar. MUI pun menggandeng BMI lantaran koperasi pertama yang fokus di bidang sanitasi di Tangerang.

“Masalah kesehatan adalah masalah perilaku manusia itu sendiri. Pada titik inilah agama perlu tampil berperan lewat partisipasi tokoh agama,” katanya dalam acara peletakan batu pertama program sanitasi warga di Cikupa, Tangerang, Kamis (1/9).

Ia menyebut pembangunan sarana sanitasi adalah progam jangka panjang  kesehatan masyarakat Indonesia. Sehingga MUI ikut menjalankan pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang diusung pemerintah.

“STBM itu menempatkan masyarakat sebagai pengambil keputusan dan penanggungjawab untuk meningkatkan kualitas hidup, mereka bertanggungjawab atas sarana sanitasi yang sudah kita bangun,” ujarnya.

Acara tersebut dihadir pula oleh Direktorat Permukiman dan Perumahan Kementerian PPN/BAPPENAS, Laisa Wahanudin, Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Imran Agus Nurali, Presiden Direktur Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara, Chief Water Sanitation And Hygiene (WASH) UNICEF Aidan Cronin.

sumber: http://khazanah.republika.co.id/