/Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan BRG dan PPI UNAS Selenggarakan Lokalatih Peningkatan Kapasitas Dai Restorasi Gambut

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan BRG dan PPI UNAS Selenggarakan Lokalatih Peningkatan Kapasitas Dai Restorasi Gambut

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional menyelenggarakan Lokalatih Peningkatan Kapasitas Dai Restorasi Gambut pada 24-27 April 2018 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG Myrna Safitri, Ph.D usai pembukaan di Banjarmasin Selasa petang mengatakan, peran dai sangat besar untuk mensosialisasikan berbagai program pemerintah termasuk kebijakan tentang pengelolaan dan perlindungan gambut.

Sebab, selain menjadi panutan masyarakat, ceramah agama yang rutin dilaksanakan di masjid-masjid juga sangat efektif untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan yang membangun.

“Melalui pelatihan selama tiga hari ini, kami harap, para dai bisa lebih memahami tentang berbagai persoalan gambut yang ada di daerah masing-masing,” katanya.

Ketua Lembaga PLH&SDA MUI Dr.H.Hayu S. Prabowo menyampaikan, “Lokalatih dilakukan dalam dua angkatan, angkatan pertama di Banjarmasin, yang melibatkan 100 orang dai dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan  dan Kalimantan Barat. Angkatan kedua, diadakan di Riau, dengan mengundang peserta dari Jambi, Sumatera Selatan dan Riau.”

“Langkah ini merupakan lanjutan dari upaya implementasi Fatwa MUI No. 30/2016, tentang Hukum Pembakaran Hutan dan Lahan serta Pengendaliannya, yang diluncurkan pada tahun 2016 lalu,” tambahnya lagi.