/Buku Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam

Buku Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam

Islam mengajarkan konsep terpadu bagi kesehatan wanita sewaktu mendapat haid yang disebut thaharah yang merupakan gabungan perilaku hidup yang bersih, sehat dan suci. Tuntunan ini mendorong umat manusia untuk menjaga dan memelihara kesehatan, karena pemeliharaan kesehatan adalah suatu upaya yang sangat penting bagi hidup dan kehidupan manusia. Pemeliharaan kesucian dan kesehatan mempunyai dampak jauh lebih luas pada peningkatan makna hidup dan kehidupan itu sendiri baik perorangan maupun masyarakat, baik aspek duniawi maupun ukhrawi.

Dalam beribadah ataupun bermu’amalat erat kaitannya dengan pemeliharaan kesucian dan kesehatan, begitu pula sebaliknya, pemeliharaan kesucian dan kesehatan berkaitan dengan ibadah. Haid secara spesifik memperoleh perhatian dalam Islam karena di
samping berimplikasi terhadap banyak ketentuan agama baik dalam aspek ibadah maupun muamalah, juga merupakan persoalan kesehatan reproduksi wanita.

Dalam Al-Qur’an persoalan haid tidak dibahas secara mendalam melainkan lebih ditekankan pada aspek filosofis dan teologisnya. Dalam hadits, persoalan haid, nifas, dan istihadoh sudah memasuki area yang lebih operasional. Sehubungan dengan itu, buku ini yang menambah khazanah serta tuntunan khususnya untuk wanita dan remaja putri dalam menjaga kesucian dan kesehatannya.

Selengkapnya klik disini