/Membuat pupuk kompos dari sampah

Membuat pupuk kompos dari sampah

Bagi anda yang memiliki hobi berkebun, maka sampah rumah tangga yang selama ini anda buang bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk kompos. Berikut ini beberapa langkah untuk membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga.

1. Pisahkan sampah organik dan anorganik

Langkah pertama pisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Sampah anorganik berupa plastik, kaleng, karet. Sampah organik berupa sisa makanan, kulit buah, sisa sayuran. Sampah yang berukuran besar sebaiknya dipotong/dicacah terlebih dahulu untuk mempermudah proses pembuatan pupuk kompos.

2. Campurkan dengan kompos lama

Isi wadah yang anda gunakan dengan kompos lama sekitar 1/3 bagian. Kemudian masukkan sampah organik yang telah dicacah tadi lalu aduk sampai merata. Anda juga bisa menambahkan dengan serbuk gergaji atau pupuk kandang dan ragi kompos (Tricholant). Kemudian tutup wadah tersebut dengan karung plastik

3. Proses pematangan

Aduk adonan setiap 7 hari sekali, tempatkan di tempat yang bersuhu sekitar 30-70 derajat celcius. Pupuk kompos sudah jadi sekitar 5-6 minggu. Kalau sudah jadi, kompos tidak berbau busuk, berbau tanah dan berwarna coklat kehitaman dan suhu 30-32 derajat celcius.

 

Kalau pupuk kompos ini sudah berhasil dibuat, anda bisa menggunakan sendiri untuk taman atau kebun di rumah atau bisa anda jual dengan proses pengayakan dan pengemasan tentunya.