/Peduli Perubahan Iklim, Kenapa?

Peduli Perubahan Iklim, Kenapa?

Bumi memiliki atmosfir yang mengatur suhu bumi sedemikian rupa sehingga ekosistem yang seimbang dan teratur bekerja sempurna untuk mendukung kehidupan seluruh makhluk di bumi.

Namun kegiatan manusia modern menimbulkan polusi yang meningkatkan efek Gas Rumah Kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu bumi. Akibat terperangkapnya panas yang masuk ke bumi.

Kenaikan suhu bumi akan meningkatkan penguapan  sehingga menimbulkan kekeringan ekstrim. Selama penguapan, kandungan uap air yang besar tersebut akan tersimpan diudara, pada kondisi tertentu akan mengembun yang mengakibatkan hujan yang sangat lebat yang bersifat merusak.

Inilah yang disebut perubahan iklim bumi ini akan menyebabkan cuaca bumi menjadi ekstrim (kekeringan yang luar biasa atau hujan yang luar biasa) yang  merusak keseimbangan ekosistem sebagai pendukung kehidupan manusia dan seluruh mahluk bumi.

Rusaknya ekosistem bumi akan mengakibatkan peningkatan gagal panen dan kerentanan ketahanan pangan nasional yang dapat memicu kerusuhan sosial.