/Peluncuran Fatwa Satwa Langka
peluncuran-fatwa-satwa-langka

Peluncuran Fatwa Satwa Langka

Fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang “Pelestarian Satwa Langka Untuk Menjaga Keseimbangan Ekosistem” ini dibahas dan disusun guna merespons maraknya berbagai konflik kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup yang mengancam satwa langka, menimbulkan kerusakan ekosistem dan merugikan masyarakat sekitar hutan.

Indonesia sebagai negara yang memiliki umat muslim terbesar di dunia masih kurang memahami kearifan hukum islam dalam mendukung pelestarian harimau, badak, gajah, orang utan dan satwa langka lainnya dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu umat Muslim perlu diberikan kepastian hukum Islam tentang perlindungan terhadap satwa yang dilindungi terutama yang statusnya rawan bahkan terancam punah atau hilang dimuka bumi.

Pendekatan keagamaan diharapkan akan tumbuh akhlak yang baik oleh masyarakat untuk meningkatkan efektifitas pendekatan secara legal formal untuk pelestarian harimau, badak, gajah, orang utan dan satwa langka lainnya dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem.