/Pembiayaan ramah lingkungan untuk sustainabilitas ekonomi

Pembiayaan ramah lingkungan untuk sustainabilitas ekonomi

PEMBIAYAAN RAMAH LINGKUNGAN UNTUK

SUSTAINABILITAS EKONOMI

Hayu Prabowo

Pasca Sarjana Ekonomi Syariah-Universitas Azzahra

      Manusia adalah subyek sekaligus obyek pusat sirkulasi manfaat ekonomi atas berbagai sumber daya yang tersedia di bumi. Namun masih sedikit yang menyadari bahwa produktivitas dan aktivitas suatu sistem ekonomi sangat bergantung pada layanan keanekaragaman hayati dan ekosistem ( Biodiversity and Ecosystem Services-BES ) yang berfungsi menyediakan barang dan jasa yang di perlukan seluruh makhluk hidup di bumi yang berkesinambungan, termasuk manusia.

     Jasa ekosistem ini terabaikan akibat pengaruh sistem keekonomian yang mengutamakan keuntungan keuangan semata yang mengenyampingkan faktor norma sosial serta mengabaikan jasa ekosistem sebagai sarana untuk keberlangsungan ekonomi itu sendiri. Perilaku tersebut menyebabkan efek samping berupa ekonomi yang cenderung ekstraktif dan berjangka pendek sehingga menimbulkan kerusakan lingkungan dan terganggungnya proses ekosistem.

     Sektor perbankan dan lembaga keuangan, sebagai mediator pembiayaan pada suatu sistem ekonomi, mempunyai peran penting dan strategis dalam upaya mendorong kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan. Di pihak lain, sektor perbankan dan lembaga keuangan juga perlu memperhitungkan resiko kredit dan liabilitas kerusakan  lingkungan dari kegiatan ekonomi yang dibiayainya akibat kemungkinan terpengaruhnya tingkat kesehatan perusahaan debitur dikarenakan permasalahan lingkungan dalam menjalankan usahanya.

ramah lingkungan

     Oleh karena itu sektor perbankan perlu menjadikan pembiayaan ramah lingkungan sebagai bagian dari strategi bisnisnya, melalui pengembangan manajemen risiko pengelolaan lingkungan dan mengidentifikasi peluang untuk inovatif  produk keuangan berorientasi lingkungan. Hal ini akan memaksa industri untuk melakukan investasi ramah lingkungan yang selanjutnya akan menciptakan suatu sistem ekonomi yang tumbuh maju dan berkesinambungan melalui keseimbanngan aspek pelestarian lingkungan dan pertumbuhan ekonomi ( Hayu Prabowo, 2012 )

Download makalah selengkapnya klik disini