/Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan I

Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan I

PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN I

 

Manusia  bagian dari alam. Dalam kehidupannya di muka bumi ini manusia tidak dapat melepaskan diri dari alam lingkungannya. Segala keperluan manusiadi ala mini telah disediakan oleh Allah SWT.  Manusia perlu air untuk minum, perlu udara untuk bernafas, perlu tanah untuk berpijak dan bertanam, laut untuk berlayar dan lain sebagainya. Allah berfirman :

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي اَدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَا هُمْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلاً (الإسراء:70)

 “ Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan”. (Al Isra :17:70)

Atas kesemuanya itu, sebagai orang yang beriman kita wajib bersyukur kepada Allah SWT  yang telah melimpahkan ni’mat dan karunia yang maha besar. Salah satu cara bersyukur kepadanya ialah menggali kekayaan alam dan memanfaatkannya untuk kemaslahatan ummat manusia, memakmurkannya dan memelihara kelestariannya. Dalam rangka bersyukur kepada Allah itu, kita berkewajiban untuk :

Memelihara air agar tetap bersih, sehingga air itu memberi manfaat  bagi manusia untuk di minum, bersuci dan menyuburkan tanah. Tidak boleh mencemarkan air dengan kotoran manusia, kotoran binatang, limbah industry, limbah rumah tangga, sampah dan lain sebagainya. Karena air yang kotor atau tidak bersih akan menimbulkan petaka terhadap manusia, di antaranya mendatangkan penyakit. Kita harus menyadari bahwa air adalah sumber kehidupan, sebagaimana Allah berfirman :

وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ….(الأنبياء:30)

“………….Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. ……”. (Al Anbiya :21:30)

Memelihara lingkungan agar bersih di manapun kita berada. Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan membuang sanpah atau barang bekas itu di tempat saluran air, jangan membiarkan sampah bertumpuk karena akan menjadi sumber penyakit, memberi peluang untuk berkembang-biaknya lalat, nyamuk, kecoa dan lain sebagainya. Nabi SAW bersabda :

عَنْ أَبِي مَالِكٍ قَالَ : الطَّهُوْرُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم )

“ Dari Abi Malik : Kebersihan itu adalah separuh iman “ (HR.Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : الْإِيْمَانُ بِضْعٌ وَسِتُّوْنَ شُعْبَةً. فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاَدْنَاهَا اِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ. وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم وأبو داود والنسائ وابن ماجه)

“ Dari Abi Hurairah : Iman itu terdiri dari 69 cabang. Maka seutama-utamanya iman ialah ucapan “ laailaaha illallah” (tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah), sedangkan serendah-rendahnya iman ialah membuang kotoran dari jalan raya. Dan malupun bagian dari iman”.(HR. Muslim, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah)

Oleh HAYATAN THAYYIBAH