/PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN II

PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN II

PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN II

Membuang air pada tempat tertutup, tidak  buang air di tempat terbuka karena akan mengganggu orang lain, tidak membuang air di bawah pohon yang berbuah karena akan merusak pohon itu, tidak membuang air pada air yang tergenang dan aliran sungai karena akan mencemarkan air. Nabi SAW bersabda :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : مَنْ اَتَى الْغَائِطَ فَلْيَسْتَتِرْ (رواه ابو داود)

“ Dari Aisyah telah berkata : “ Barang siapa yang buang air hendaknya di tempat tertutup” (HR.  Abu Daud)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اتَّقُوْا اللاَّعِنَيْنِ. قَالُوْا : وَمَا اللاَّعِنَانِ ؟ قَالَ الَّذِي يَتَخَلَّى فِي طَرِيْقِ النَّاسِ أَوْ فِي ظِلِّهِمْ. (رواه مسلم وابو داود)

“ Dari Abi Hurairah : “ Takutlah kamu akan dua hal yang mendatangkan laknat, para sahabat bertanya : “ Apakah dua hal yang mendatangkan laknat itu, ya Rasulullah ?”. Nabi menjawab : “ Ialah buang air (hajat) di jalan tempat orang lewat atau buang hajat di tempat-tempat manusia berteduh”. (HR. Muslim dan Abu Daud)

Memelihara tanah tetap subur agar tetumbuhan dan bunga-bungaan tetap tumbuh, gunung-gunung tidak gundul dan tanah tidak erosi, serta tidak mengotori udara dengan berbagai limbahan kimia karena udara yang kotor akan mendatangkan berbagai penyakit. Allah SWT berfirman :

وَلاَ تَبْغِ الْفَسَادَ فِي اْلاَرْضِ اِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ (القصص:77)

“ Janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (Al Qashash:77)

 

Oleh : HAYATAN THAYYIBAH