/Penyaluran Wakaf Sumur Air ke Masyarakat Masjid & Ponpes Al Amanah Sempon
pembukaan-oleh-bupati-wonogiri-lplh

Penyaluran Wakaf Sumur Air ke Masyarakat Masjid & Ponpes Al Amanah Sempon

Strategi pemerintah dan bidang air dan sanitasi adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pengertian “Berbasis Masyarakat” dalam STBM adalah kondisi yang menempatkan masyarakat sebagai pengambil keputusan dan penanggungjawab dalam rangka menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat untuk memecahkan berbagai persoalan terkait pendanaan untuk pembangunan sarana air dan sanitasi secara mandiri. Untuk dapat meningkatkan peran masyarakat tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Musyawarah Nasional tahun 2015, telah menetapkan fatwa No. 001/MUNAS-IX/MUI/2015 Tentang Pendayagunaan Harta Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf Untuk Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Bagi Masyarakat.

pipa-induk-air-lplh
Warga menggunakan distribusi air dari gunung yang volumenya sangat kecil yang setiap saat bisa terhenti karena kerusakan pipa induk maupun pipa distribusi.
sumber-air-lplh
Dikarenakan daerah pegunungan, masyarakat umumnya menambah pasokannya dari sumber air pinggir sungai dengan memasang pompa serta pipa air dan kabel listrik yang bisa mencapai 300 m. Beberapa kejadian fatal terjadi karen sersengat listri karena praktek ini.
rembug-desa-lplh
Rembug desa tentang rencana sumur air wakaf dan distribusinya ke masyarakat.
doa-oleh-kh-saefudin-arifin-lplh
Doa oleh KH Saefudin Arifin mengawali pemboran wakaf sumur air pada 24 Agustus 2016.
sumur-wakaf-lplh
Sumur wakaf yang telah bisa mengalirkan air untuk masjid dan ponpes Al Amanah
pemasangan-pipa-distribusi-untuk-masyarakat-sekitar-masjid-dan-ponpes-lplhmui
Pemasangan Pipa distribusi untuk masyarakat sekitar masjid dan ponpes.
pemasangan-pipa-lplh
Setelah dilakukan pemasangan pipa indung dan pipa disktribusi, pada 11 November 2016 dilakukan sambungan perdana pada salah satu warga sekitar ponpes.