/Raih Pahala Manfaatkan Air Hujan

Raih Pahala Manfaatkan Air Hujan

Setiap hujan lebat, kita bisa lihat bagaimana air hujan yang bersih terbuang tidak dimanfaatkan dan bahkan menjadikan musibah di beberapa kawasan. Ketika air hujan yang suci dan menyucikan tersebut menyentuh tanah, air hujan tersebut langsung tercemar dengan kotoran yang ada dan tentunya tidak bisa digunakan. Ketika musim hujan menjadikan banjir, padahal Jakarta merupakan salah satu dari sebelas kota yang diprediksikan akan kekurangan air bersih seperti Cape Town, di Afrika Selatan. Ini tentunya sebuah kontradiksi, kita perlu kelola air hujan dengan baik sehingga bermanfaat untuk seluruh makhluk.

Hujan merupakan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia dan makhluk lainnya baik langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, manusia dapat memanfaatkan air hujan yang turun dari langit untuk keperluan minum, mandi, mencuci dan keperluan lainnya. Secara tidak langsung, air hujan juga dapat menyuburkan tanah, menumbuhkan tanaman dan sayuran, buah-buahan, memelihara ikan, menyejukkan udara, hujan juga menyuburkan rumput yang menghijau, air yang mengalir yang dapat mengairi binatang ternak, hewan, ikan dll. Air hujan juga menyimpan energi, bila kita tampung di tempat tinggi maka, tidak perlu energi untuk pemanfaatannya untuk daerah lebih rendah. Bahkan bisa menjadi pembangkit listrik.

Allah SWT menurunkan hujan menurut ukuran untuk disimpan dibumi. Hujan merupakan nikmat baik untuk kehidupan didunia dan kehidupan di akhirat melalui ibadah. Allah berfirman dalam surat Al Mukminun ayat 18: “dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan Sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”. Oleh karenanya kita perlu menyimpan air hujan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kita sendiri.

Sistem Pemanen Air Hujan (PAH) merupakan suatu sistem konservasi air tanah melalui penampungan dan pemanfaatan air hujan guna memenuhi kebutuhan air bersih. Sistem ini memiliki banyak manfaat, diantaranya mengurangi penggunaan air tanah dan mengurangi emisi sehingga mengurangi dampak perubahan iklim dan pemanasan global. Sistem PAH merupakan cara mengalirkan air hujan dari talang melalui sistim penyaringan ke tangki penampung dimana luberan air nya diresapkan tanah atau dimasukan melalui sumur resapan untuk isi ulang ke dalam akuifer sumber air tanah untuk dimanfaatkan orang ataupun makhluk Allah lainnya.

Insya Allah semua ini merupakan shadaqah jariah dengan mengalirkan air kedalam tanah untuk dimanfaatkan makhluk Allah, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

Hayu Prabowo