/Tugas pokok

Tugas pokok

  1. Merumuskan dan mengajukan permasalahan untuk difatwakan melalui inventarisasi, klasifikasi dan pengkajian terhadap masalah perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam yang meresahkan kehidupan masyarakat.
  2. Mengembangkan “Prinsip-prinsip Islam dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam” untuk menjadi pedoman dalam pembuatan modul pendidikan dan dakwah.
    Pedoman ini dibentuk melalui penyatuan hukum agama (syariah qauliyyah) dalam wujud pembentukan Fikih Lingkungan (Fiqh Al-Bi’ah) dan ilmu pengetahuan kontemporer tatakelola LH dan SDA (syariah kauniyyah).  Penyatuan keilmuan secara holistik (hukum qauliyyah dan kauniyyah) ini dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan tatakelola perlindungan dan pengelolaan LH & SDA yang beretika (ecoteologi Islam), mengingat llmu Tanpa Agama Kejam – Agama Tanpa Ilmu Lemah – Ilmu Dengan Agama Kemenangan.
  3. Meningkatkan kesadaran berwawasan lingkungan bagi umat muslim dalam menjalankan kegiatan ibadah dan muamalah, melalui masjid, pesantren, madrasah dan majelis taklim. Hal ini dilakukan dengan dakwah bil lisan (pendekatan lisan) dan dakwah bil hal (pendekatan aksi/perbuatan) melalui program yang dinamakan eco-masjid dan eco-pesantren, dengan diawali dan dimotori dari masjid dan pesantren dakwah serta pembangunan umat yang berkelanjutan dapat terlaksana.
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi, lembaga dan para pemangku kepentingan lainnya guna realisasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam, melalui integrasi dan sinergi kegiatan lingkungan-ekonomi-sosial untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat yang berkelanjutan.Pembangunan berkelanjutan Lembaga pemuliaan lingkungan hidup dan sumber daya alam Majelis ulama indonesia
  5. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan kelembagaan dengan konsep self financing, agar kegiatan dapat didanai secara professional, dengan menjunjung tinggi integritas dan independensi kelembagaan.