/Wisata Religi Tadabur Alam – Ngaji dengan Alam

Wisata Religi Tadabur Alam – Ngaji dengan Alam

Sebagai upaya untuk merealisasikan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism),  program Wisata Religi Tadabur Alam telah diperkenalkan pada acara Astindo Fair 2018 yang merupakan salah satu forum dan expo tujuan wisata terbesar di Indonesia. Program ini diusung bersama oleh Kementerian Pariwisata, Lembaga PLH & SDA MUI & Komunitas Pencinta Wisata Muslim (KPWM)

Wisata religi tadabur alam bukan hanya sekadar jalan-jalan menikmati pemandangan alam, tapi jauh lebih dalam. Alam raya merupakan sarana manusia untuk bisa mempelajari banyak hal, terutama mengenai hakikat penciptaan dan kehidupan kita. Mata melihat keindahan alam, hati mengingat Allah.

Konsep Wisata religi tadabur alam menekankan pada konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini selaras dengan amanah Permenpar 14/2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan bahwa pembangunan kepariwisataan harus bertumpu pada keanekaragaman, keunikan dan kekhasan budaya dan alam dengan tidak mengabaikan kebutuhan masa yang akan datang.

Dr. Hayu Prabowo

Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia